Monday, March 2, 2020

Kandungan gizi dalam telur rebus
Telur memiliki kandungan nutrisi lengkap, karena mengandung hampir semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Kandungan gizi tersebut di antaranya kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, Vitamin B. Hanya Vitamin C yang tidak ada dalam kandungan telur.
Dilansir dari Healthy Food Healthy Life, berikut nilai penting telur dan tips mengkonsumsinya:  
Nilai penting telur
Telur baik untuk mata. Sebutir telur sehari dapat mencegah degenerasi makula karena karotenoid yang dikandungnya, khususnya lutein dan zeaxanthin. Kedua zat gizi tersebut mudah ditemukan pada telur daripada dari sumber lain.
Dapat menurunkan resiko katarak. seseorang yang mengonsumsi asupan telur setiap hari dapat menurunkan resiko mengalami katarak karena telur memiliki kandungan karotenoid
Dapat mencegah penggumpalan darah, stroke dan jantung dengan mengonsumsi telur secara berkala.
Sebutir telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi serta 9 asam amino penting.
Telur mengandung nutrisi penting bagi otak, jaringan syaraf dan sistem kardiovaskular berupa unsur kolin. Satu kuning telur mengandung sekitar 300 mikrogram kolin.
Telur mengandung lemak yang baik bagi tubuh. Sebutir telur hanya mengandung 5 gram lemak dan diantaranya hanya 1,5 gram lemak jenuh.
konsumsi normal telur tidak mempengaruhi tingkat kolesterol dan menunjukkan bahwa konsumsi rutin dua butir telur sehari tidak mempengaruhi profil lipid seseorang, dan justru memperbaikinya.
Telur adalah satu-satunya bahan makanan yang secara alami mengandung vitamin D.
Telur dapat mencegah kanker payudara. Satu penelitian menyatakan, wanita yang mengkonsumsi setidaknya 6 butir telur dalam seminggu, menurunkan resiko kanker payudara sebanyak 44 persen.
Telur sehat untuk rambut dan kuku, karena mengandung sulfur yang tinggi serta vitamin dan mineral.

No comments:

Post a Comment