Tuesday, January 14, 2020

Cara Mengosongkan Ruang Harddisk


Banyak software pihak ketiga yang dapat mengosongkan ruang disk, tapi ada juga software bawaan Windows yang dapat melakukannya untuk anda.


Disk Cleanup

Disk Clean-up adalah software bawaan dari Windows untuk menghapus file lama yang tidak perlu. Recycle Bin, folder Temp, dan file sistem lainnya berpotensi memonopoli banyak ruang di disk. File-file tersebut aman untuk dihapus.
Sangat mudah menjalankan Disk Clean-up. Cari dan buka ‘Disk Cleanup’ melalui bar pencarian di menu Start menu atau bar Charm Windows 8. Di jendela baru pilih drive yang ingin anda bersihkan, lalu klik OK, dan perangkat anda akan mulai menghitung berapa banyak ruang yang dapat dihemat dengan menjalankan pembersih ini. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit.
Setelah itu, anda akan disajikan dengan layar yang berisi daftar kategori yang berbeda dan jumlah ruang yang diambil file-file tersebut. Tandai kotak centang di sebelah kategori yang ingin dihapus dan klik OK.
Atau, klik ‘Clean up system files’. Dengan melakukan ini, akan memungkinkan anda menghapus file warisan dari instalasi Windows sebelumnya, dan berbagai file log sistem. Jika anda telah memperbaharui versi Windows sebelumnya, anda mungkin dapat menghemat sebanyak 1GB ruang dengan menyelesaikan proses ini.
Pengguna juga dapat memanipulasi Disk Clean-up dengan mengubah pengaturan dan penjadwalan tugas.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Karena komputer anda semakin lama semakin tua, maka akan banyak aplikasi dan program yang tidak diperlukan lagi. Mungkin itu game versi lama, software-software produktivitas yang edisi lama, atau software yang ingin dicoba, namun akhirnya anda tidak menyukainya.
Untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak dibutuhkan, anda harus membuka ‘Programs and Features’ melalui bar pencarian di Start menu atau bar Charm Windows 8. Setelah terbuka, anda akan melihat daftar semua program yang diinstal pada perangkat anda. Daftar tersebut bisa diurutkan berdasarkan ukuran file sehingga anda dapat melihat berapa persisnya ruang yang diambil oleh masing-masing program (hati-hati, karena tidak semua program akan menampilkan ukurannya).
Setelah daftar diurutkan, anda dapat memulai di bagian atas dan menghapus program tidak diperlukan yang menempati ruang terbesar. Seperti biasa, anda harus berhati-hati jika tidak yakin tentang program yang akan anda hapus. Anda bisa mencari tahu di internet terlebih dahulu.

Kompres File Anda

Windows menggunakan sistem file NTFS, yang menawarkan fitur kompres built-in. fitur ini memungkinkan anda mengompres file yang jarang digunakan, sementara masih memungkinkan anda mengaksesnya ketika diperlukan.
Perlu dicatat bahwa file yang dikompres akan membutuhkan waktu lama saat akan dibuka. Jika anda memiliki komputer yang kuat, perbedaannya tidak akan terlihat, namun jika anda memiliki central processing unit (CPU) yang lambat, maka kompresi tidak dianjurkan.
Kompresi ini sangat berguna untuk dokumen MS Office yang harus anda jaga, namun jarang dibuka, file PDF, dan file gambar yang besar. Anda tidak harus mengompres file musik atau video karena biasanya file-file ini sudah disimpan dalam format terkompresi. Demikian pula, anda tidak harus mengompres file sistem Windows dan file program lainnya, ini akan memperlambat komputer dan bisa merusak proses lainnya.
Untuk mengompres file atau folder anda harus terlebih dahulu mencarinya di ‘File Explorer’. Setelah itu, klik kanan file atau folder tersebut dan pilih ‘Properties’, kemudian klik ‘Advanced’. Cukup centang kotak di sebelah ‘Compress contents to save disk space’ dan klik OK. Jika anda ingin mengompres folder, maka Windows akan menanyakan apakah anda juga ingin mengompres file dan subfolder.
Membatalkan proses ini sangat sederhana. Cukup arahkan kembali ke jendela Advanced dan hapus centang pada kotak yang sama.

No comments:

Post a Comment