Wednesday, February 5, 2020

Fungsi Printer

Fungsi printer yang paling utama tentu saja untuk mencetak atau menyajikan data dari komputer kepada penggunanya secara langsung. Data yang dicetak ini bisa bermacam-macam, yang pertama biasanya berupa dokumen seperti surat, arsip, dan dokumen penting lainnya. Kebanyakan jenis dokumen seperti ini dibuat dengan Microsoft Office, bisa dengan Word, Excel, atau Powerpoint. Namun ada juga yang hanya menggunakan notepad sederhana.
pengertian printer dan fungsi printer
Jenis data berikutnya adalah gambar atau foto. Untuk mencetak foto atau gambar tentu berbeda dengan mencetak dokumen biasa, baik dari ukuran maupun kualitas kertas yang dipakai untuk mencetak. Biasanya untuk mencetak foto juga dibutuhkan printer yang berkualitas tinggi sehingga hasil cetakan fotonya juga menjadi lebih baik.
Perkembangan printer membuatnya bisa mencetak media yang lebih besar lagi, ukuran printer yang dipakai juga lebih besar dari printer pada umumnya. Kulihat hasil cetakan juga lebih baik sehingga bisa mencetak berbagai macam data yang diinginkan. Biasanya printer semacam itu dipakai di percetakan dan digunakan untuk mencetak spanduk, banner, stiker, dan sablon. Media yang dipakai untuk mencetak juga bukan hanya kertas saja, tetapi bisa memakai akrilik, kain, bahkan kaca.
Fungsi berikutnya yang sedang populer saat ini adalah menambahkan fitur lain pada printer sehingga tidak hanya digunakan untuk mencetak. Fitur yang dimaksud adalah fungsi untuk membaca dokumen dan merubahnya menjadi bentuk digital, atau istilahnya adalah scan. Selain sebagai scanner, beberapa printer jaman sekarang juga bisa dipakai sebagai mesin fotokopi.

No comments:

Post a Comment