Sunday, February 2, 2020



Jenis jenis Monitor dan Gambarnya

Sampai saat ini, terdapat 5 jenis monitor yang digunakan pada perangkat komputer atau perangkat elektronik yang lain. Jenis jenis monitor dan penjelasannya adalah sebagai berikut ini.

1. Monitor CRT (Chatode Ray Tube)

Monitor CRT adalah sebuah monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi sinar katoda yang ditaruh di dalam tabung. Monitor CRT merupakan jenis monitor komputer tertua yang sampai saat ini masih banyak dipakai. Dikarenakan monitor ini menggunakan tabung katoda, maka monitor CRT sering disebut sebagai monitor tabung.

Pengertian Monitor Komputer

2. Monitor LCD (Liquid Cristal Display)

Monitor LCD adalah sebuah monitor yang dirakit dengan memanfaatkan teknologi sinar di media cairan kristal. Monitor LCD jika dibandingkan dengan monitor CRT, ukurannya jauh lebih ramping monitor LCD. Tidak hanya itu saja, dari segi kualitas gambar dan tingkat resolusi yang ditampilkan monitor LCD jauh lebih baik dibanding dengan monitor CRT.
Pengertian Monitor Komputer

3. Monitor LED (Light Emiting Diode)

Monitor LED adalah sebuah monitor yang dibuat dengan memanfaatkan teknologi dioda lampu yang dapat memancarkan emisi cahaya. Meskipun tidak jauh berbeda dengan monitor LCD, namun monitor LED cenderung sedikit lebih tipis jika dibandingkan dengan monitor LCD.
Pengertian Monitor Komputer

4. Monitor Plasma

Monitor plasma adalah sebuah monitor yang dirancang dengan memanfaatkan teknologi gas neon ataupun xenon yang ditaruh di antara 2 pelat kaca. Monitor plasma, jika dibandingkan dengan seluruh monitor sebelumnya, monitor plasma lah yang terbaik dari segi kualitas gambar yang dihasilkan. Akan tetapi harga monitor plasma memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan monitor-monitor sebelumnya.
Pengertian Monitor Komputer

5. Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode)

Monitor Oled adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organic. Monitor oled dibuat dan dirancang dengan memanfaatkan teknologi elektroluminesasi seperti pada aplikasi tampilan layar dan sensor. Kecanggihan teknologi monitor ini dikenal lebih fleksibel dengan ketipisan yang kurang dari 1 mm. Jika dibanding dengan monitor-monitor sebelumnya, monitor ini jelas lebih baik.
Pengertian Monitor Komputer

No comments:

Post a Comment