Wednesday, February 19, 2020

Penemuan John Logie Baird
Baird kemudian kembali ke Inggris pada tahun 1920. Disana ia mulai mengeksplorasi cara mentransmisikan gambar bergerak bersama dengan suara. Namun, dia kekurangan sponsor untuk proyeknya.
Banyak ilmuwan yang telah mencoba membuat televisi dengan model dan komponen berbeda seperti Alexander Bain, Arthur Korn, dan Paul Gottlieb Nipkow.
Penemu Televisi
Berbeda dengan Baird yang menggunakan bahan apa pun yang bisa dia dapatkan untuk membuat televisi. Mulai dari karton, lampu sepeda, lem, tali dan lilin yang kemudian menjadi bagian dari televisi pertamanya. Pada 1924, Baird mengirimkan gambar yang berkedip-kedip dengan jarak beberapa meter jauhnya.
“…GAMBAR KEPALA BONEKA ITU TERBENTUK DI LAYAR DENGAN KEJELASAN YANG HAMPIR TIDAK DAPAT DIPERCAYA BAGI SAYA. SAYA SUDAH MENDAPATKANNYA! SAYA HAMPIR TIDAK BISA MEMPERCAYAI MATA SAYA DAN MERASAKAN DIRI SAYA GEMETAR KARENA KEGEMBIRAAN.” – LOGIE BAIRD
Dianggap Gila Ketika Menemukan Televisi
Pada tanggal 2 Oktober 1925, Baird berhasil mentransmisikan gambar televisi pertama dengan gambar yang masih samar-samar. Kala itu, ia berhasil mentransmisikan gambar di televisi tentang boneka.
Penemuan John Logie Baird ini membuat ia kemudian bersemangat memberitahukan penemuan televisinya kepada dunia. Baird mengunjungi kantor surat kabar Daily Express dan meminta untuk berbicara dengan editor berita. Jawaban editor?
“…DEMI TUHAN, PERGILAH KE RESEPSIONIS DAN SINGKIRKAN ORANG GILA YANG ADA DI SANA. DIA BILANG DIA PUNYA MESIN UNTUK MELIHAT GAMBAR SECARA NIRKABEL! TOLONG AWASI DIA, DIA MUNGKIN HANYA PUNYA PISAU CUKUR.”
Tak lama setelah penemuan itu, ia kemudian mendemonstrasikan penemuan televisi pertamanya kepada publik di London, Inggris. Dan pada tahun 1926, ia menunjukkan kreasinya kepada 50 ilmuwan yang berasal dari Britain’s Royal Institution di London.
Pada 1927, Baird lalu mentransmisikan suara dan gambar sejauh 400 mil kawat telepon dari London ke Glasgow. Dan pada tahun 1928, ia mengirim transmisi televisi pertama melintasi Samudra Atlantik dari London ke New York.
Mulai tahun 1929, BBC menggunakan teknologi televisi milik Baird untuk menyiarkan program televisi pertama. Teknologi Baird disebut sebagai televisi pertama dunia memiliki beberapa batasan. Karena teknologi Baird kala itu masih bersifat mekanis dengan gambar visual yang kadang tidak jelas dan berkedip kedip.
Sementara disisi lain, televisi elektronik sedang dikembangkan oleh penemu yang lain. Pada tahun 1935, komite BBC membandingkan teknologi televisi milik Baird dengan televisi elektronik Marconi-EMI dan menganggap produk Baird lebih rendah. BBC kemudian mulai menyingkirkannya pada tahun 1937.
John Logie Baird, Penemu Televisi
Pada tahun 1931, Baird yang berusia 43 tahun menikah dengan Margaret Albu. Mereka memiliki seorang putri bernama Diana, dan seorang putra bernama Malcolm.
John Logie Baird kemudian melanjutkan penelitiannya mengembangkan televisi berwarna elektronik dan televisi 3D, meskipun tidak pernah diproduksi di luar laboratoriumnya. Baird menderita stroke dan meninggal pada 14 Juni 1946 di Inggris.

No comments:

Post a Comment