Wednesday, February 5, 2020

Macam – Macam Jenis Printer

Printer Dot-Matrix
Pada jenis printer Dot-Matrix sobat akan menemukan beberapa jarum yang terdapat dalam sebuah panel yang nanti membentur sebuah pita, sehingga akan menghasilkan titik – titik yang saling terhubung dan membentuk text pada media kertasnya. Jenis printer ini banyak sobat komputer temukan di meja kasir toko atau supermarket.
Printer Inkjet
Jenis printer Inkjet memiliki teknologi yang disebut dengan teknologi dor on demand, yaitu teknologi yang dapat menghasilkan titik – titik kecil lewat semprotan tinta dari nozzle. Printer jenis ini banyak sobat temukan di intansi – intansi dan rumahan.
Printer Laser
Jenis printer yang satu ini menggunakan teknologi laser yang digunakan untuk menyinari drum toner sehingga akan menghasilkan titik – titik yang membentuk text atau gambar pada media kerta. Kelebihan dari jenis printer yang satu ini adalah dari segi kecepatan dan kualitas cetakan yang lebih bagus dari jenis printer lainnya.
Printer Thermal
Jenis printer yang satu ini menggunakan sistem pemanas elektronik yang digunakan untuk mengaktifkan tinta yang ada pada roll karet. Kebanyakan jenis printer ini dibutuhkan untuk mencetak data secara cepat, seperti nota pembelian, laporan transaksi dan lain sebagainya. Oleh karena itu jenis printer thermal banyak sobat jumpai di meja kasir supermarket dan bank.
Printer 3D
Jenis printer yang satu ini cara kerjanya hampir sama dengan printer Inkjet perbedaannya adalah tinta yang digunakan untuk mencetak menggunakan jenis plastic molten wax. Printer 3D menggunakan teknologi additive manufacturing yang mempu membuat layer – layer sampai membentuk objek 3D dan bukan membuang material seperti halnya mesin cutting.
Printer Multifungsi
Pada dasarnya printer ini sama dengan printer Inkjet, hanya saja terdapat beberapa fitur lain yang digabungkan pada mesin printer ini, seperti scanner, fax, telephone, kartu jaringan dan lain – lain. Sehingga printer ini mempu untuk mengerjakan banyak hal seperti Cetak, Scan, Foto Copy, Faximile dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment