Monday, February 10, 2020

Tips Tips Sebelum Prakerin

Tips Tips Sebelum Prakerin

Setelah menjelaskan tentang pengertian PKL atau Prakerin. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa tips sebelum melakukan praktek kerja lapangan. Dalam hal ini memang terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun beberapa hal penting sebelum PKL yang perlu anda tahu yaitu sebagai berikut:
Cari Tempat Prakerin yang BagusMencari tempat prakerin akan sangat sulit ketika sekolah lain juga mengadakan kegiatan ini. Dan jika sudah banyak siswa yang mencari tempat prakerin, Anda juga harus cepat-cepat agar nantinya bisa mendapatkan temat prakeri yang bagus dan yang pasti Anda sukai. Tempat yang nyaman akan berdampak pada proses kegiatan yang akan Anda lakukan nantinya.
Jadi usahakan dalam mencari tempat prakerin, sesuaikan dengan keinginan Anda sendiri. Jangan sampai Anda hanya ikut-ikutan teman dalam hal ini. Karena akan bisa berdampak buruk ketika pelaksanaan.
Mantapkan Niat untuk PrakerinNiat memang paling utama. Ketika Anda memang berniat untuk prakerin dengan sungguh-sungguh, pada akhirnya akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan sebaliknya, jika Anda melakukan prakerin dengan tidak sungguh-sungguh atau acuh tak acuh kemungkinan akan mendapat hasil yang kurang maksimal.
Jadi dari awal, pasanglah niat yang kuat. Jangan sampai setelah melaksanakan prakerin selama bebera hari, niat Anda melenceng ke arah lain. Jadi misalnya begini, Anda sudah pamit dengan orang tua untuk berangkat prakerin namun Anda tidak sampai ke tempat prakerin, dan malah pergi ke tempat lain. Nah, itu karena niat yang Anda pasang belum benar-benar kuat.
Minta Doa RestuDalam hal apapun selama itu sebuah kebaikan, orang tua akan selalu mendukung dan memberikan doa, termasuk saat prakerin. Walaupun sudah pasti orang tua mendoakan, alangkah baiknya jika Anda tetap meminta doa restu kepada orang tua Anda. 
Mintalah restu kepada guru Anda juga, khususnya yang mengajar materi kejuruan. Karena semua materi yang diberikan guru kejuruan akan pasti berguna saat melaksanakan prakerin. 

No comments:

Post a Comment